Please use this identifier to cite or link to this item: http://paper.sci.ui.ac.id/jspui/handle/2808.28/343
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorKentjana, Nabila Hasna-
dc.contributor.authorWibowo, Adi-
dc.contributor.authorNurlambang, Triarko-
dc.date.accessioned2018-04-10T03:20:35Z-
dc.date.available2018-04-10T03:20:35Z-
dc.date.issued2016-10-
dc.identifier.issn25022172-
dc.identifier.urihttp://paper.sci.ui.ac.id/jspui/handle/2808.28/343-
dc.descriptionMajalah Ilmiah Globe Vol.18, Issue 2 Hal. 053-104en_US
dc.description.abstractPergerakan penduduk dari tempat asal ke tujuan sejalan dengan pergerakan kendaraan. Pergerakan penduduk dari Depok ke Jakarta berbeda di tiap daerah perbatasan, seperti di Kelurahan Kukusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan pergerakan lalu lintas kendaraan di Kelurahan Kukusan. Untuk menjawab tujuan penelitian digunakan analisis spasial-temporal dengan unit data segmen jalan dan data primer yaitu: lebar dan arah jalan, asal-tujuan, rute, kecepatan dan volume kendaraan. Hasil pemetaan pergerakan lalu lintas kendaraan di Kelurahan Kukusan menunjukkan bahwa model jaringan jalan dengan arah selatan, timur dan barat secara umum menuju ke utara untuk pagi hari dan sebaliknya untuk sore hari. Hasil analisis pola spasial menunjukkan pola pergerakan kendaraan di Kelurahan Kukusan memusat di Jalan K. H. M. Usman. Segmen utara lebih banyak dilalui oleh lalu lintas kendaraan dari Kelurahan Kukusan, segmen tengah lebih banyak lalu lintas kendaraan dari dalam dan luar Kelurahan Kukusan dan segmen selatan lebih banyak lalu lintas kendaraan yang datang ke Kelurahan Kukusan. Analisis Spasial-temporal menunjukkan bahwa segmen yang lebih banyak dilalui oleh lalu lintas kendaraan dengan pola pagi hari di Jalan K. H. M. Usman memiliki nilai volume kendaraan 1.409,05 smp/jam adalah segmen tengah. Segmen selatan yang memiliki nilai derajat kejenuhan 0,71 lebih tinggi dari segmen tengah. Pola sore hari yang memiliki volume kendaraan tertinggi adalah segmen selatan yaitu 1.251,8 smp/jam dengan nilai derajat kejenuhan 0,79. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segmen jalan dengan jumlah Point of Interest (POI) terbanyak memiliki derajat kejenuhan yang lebih tinggi.en_US
dc.publisherGlobe Majalah Ilmiahen_US
dc.relation.ispartofseriesVolume 18;No. 2-
dc.sourceMajalah Ilmiah Globe Vol.18, Issue 2 Hal. 053-104-
dc.source.urihttp://jurnal.big.go.id/index.php/GL/article/view/386/341-
dc.subjectjaringan jalanen_US
dc.subjectlalu lintasen_US
dc.subjectmodel spasialen_US
dc.subjectpola spasial-temporalen_US
dc.titlePEMETAAN PERGERAKAN LALU LINTAS KENDARAAN DI KELURAHAN KUKUSAN KOTA DEPOKen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Journal Collection



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.